Tuesday, January 2, 2018

Untuk Kamu yang akan Naik Pesawat Pertama kali, Perhatikan Beberapa Hal ini

Untuk para netizen yang akan bepergian naik pesawat entah untuk urusan bisnis, mudik, atau travelling ke suatu destinasi wisata, banyak hal yang harus disiapkan terutama menjelang keberangkatan.
Jangan sampai ada sesuatu yang terlewatkan sehingga membuat perjalanan kita terganggu bahkan batal.
Sebenarnya, apa saja sih hal-hal yang berkaitan dengan keberangkatan pesawat yang harus diperhatikan dan jangan sampai terlewatkan? Berikut 3 hal yang setidaknya harus diperhatikan:

 Pastikan Status Tiket Sudah di Issued, Bukan Sekedar Booking

Hal yang paling dasar yang harus kamu siapkan ialah tiket pesawat. Pastikan tiket pesawat tersimpan dengan baik dalam tempat yang mudah dijangkau. Saat ini netizen sudah semakin dimudahkan dengan adanya e-ticket di smartphone.
Nah, pastikan tiket kamu statusnya sudah OK ya, bukan sekedar bookingan ataupun waiting list.
Kamu patut waspada jika kamu beli tiket kepada calo / orang yang belum dikenal baik. Karena hal itu berpotensi menjadi kasus penipuan. Banyak netizen yang terkena tipu karena hanya diberikan kode booking saja mereka sudah percaya, padahal status masih booking dan belum di issued (dibayar). Sehingga ketika tiba di airport pada saat lapor checkin, netizen akan dikagetkan dengan tiketnya yang sudah expired karena belum dibayar. Kode booking telah hangus. Padahal uang tiket telah dibayarkan kepada orang/ calo tersebut. Hal ini jangan sampai terjadi pada kamu yah.

Jangan Lupa Membawa KTP/Passport
 
KTP atau passport adalah kartu wajib yang harus selalu kamu bawa saat bepergian terutama dengan pesawat. Mengapa? Karena hal ini berkaitan dengan keselamatan penerbangan sehingga pihak maskapai harus melakukan profiling dengan mencocokan antara nama pada tiket dengan nama pada Kartu identitas. Tidak hanya nama, Pihak maskapai harus memastikan wajah penumpang dengan foto pada kartu identitas.

Hal ini menjadi penting mengingat besarnya resiko pembajakan pesawat akibat dari proses profiling yang tidak ketat. Disamping itu, Banyak penumpang yang berusaha melakukan kecurangan dengan menggunakan tiket orang lain untuk terbang. Hal ini tidak dibenarkan dan masuk kedalam pelanggaran hukum karena membahayakan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Lalu, bagaimana jika kamu tidak membawa KTP? Untuk penerbangan Domestik, kamu bisa memperlihatkan kartu identitas lain yaitu SIM. Namun untuk penerbangan internasional, maka passport menjadi benda wajib yang tidak dapat kamu tinggalkan.

Untuk penerbangan umroh/ Haji, pastikan kamu membawa Kartu Bukti telah melakukan vaksin meningitis (atau biasa disebut sebagai Kartu kuning). Pada beberapa maskapai. Kartu kuning harus diperlihatkan untuk memastikan penumpang telah melakukan vaksin dan meminimaliasi resiko terkena Penyakit Meningitis saat melakukan ibadah tanah suci.

Pastikan Nama pada tiket sesuai dengan nama pada KTP/ Kartu identitas lainnya.

Akan menjadi masalah ketika nama kamu pada kartu identitas tidak sesuai dengan nama pada tiket. Maskapai akan melakukan pengecekan pada saat proses check-in dan apabila menemukan ketidaksesuaian antara nama pada kartu identitas dengan nama pada tiket walaupun berbeda satu huruf, maka kemungkinan kamu tidak bisa berangkat. Terlebih lagi apabila penerbangan internasional dimana pemeriksaan bukan hanya dari pihak maskapai namun juga dari pihak imigrasi.

Beberapapa maskapai memberikan keleluasaan untuk mengubah nama tiket agar sesuai dengan nama pada kartu identitas. Tapi yang pasti hal ini membutuhkan waktu dan kamu beresiko ketinggalan pesawat. So, sebelum melakukan issued tiket, pastikan kembali kesesuaian nama pada tiket dengan kartu identitas ya.

3 Hal diatas merupakan perkara yang sangat sederhana namun dapat berdampak besar pada kenyamanan perjalanan kita. Pastikan ketika kita berangkat menuju Bandara, tiket kita sudah benar-benar berstatus OK, tidak lupa membawa kartu identitas dan dokumen penting lainnya, serta pastikan nama di tiket sesuai dengan nama pada kartu identitas. Selamat bepergian dan semoga perjalanan kamu menyenangkan.




No comments:

Post a Comment