Friday, January 12, 2018

Apa Yang Perlu Anda Perhatikan Saat Ingin Membeli Tiket Pesawat

Sebelum anda membeli tiket pesawat baik itu di agen perjalanan, kantor penjualan resmi Maskapai maupun Travel Online, anda perlu memperhatikan beberapa item agar perjalanan bisnis ataupun perjalanan wisata anda dapat berjalan lancar dan jika ada kendala anda tetap mendapatkan pelayanan maksimal dari pihak maskapai.

Dibawah ini adalah beberapa point yang perlu anda perhatikan sebelum mengissued tiket anda :

  1. Pastikan nama yang tercantum pada tiket sesuai dengan Nama di KTP atau Passport 
Hal ini menjadi penting karena apabila ada kesalahan 1 huruf saja, maka penumpang beresiko tidak dapat diterbangkan. Sebagai contoh:

Nama di Kartu Identitas: Reni Handoko
Nama di Tiket: Beni Handoko

Apabila telah terissued oleh pihak Agen, maka untuk mengubah nama agar sesuai, pihak Agen perlu melapor pihak maskapai serta menjalankan beberapa prosedur yang cukup rumit.

Begitu pula apabila penumpang telah tiba di airport dan baru menyadari bahwa nama pada tiket berbeda dengan nama pada kartu identitas, maka petugas check-in harus melakukan profiling extra dan penumpang tidak dapat langsung mendapatkan boarding pass karena pihak maskapai harus melakukan screening tambahan hingga yakin bahwa memang perbedaan nama tersebut adalah murni kesalahan pengetikan bukan atas dasar kesengajaan.

     2. Nomor Kontak dan email

Nomor kontak penumpang menjadi sangat penting karena dengan adanya data berupa nomor kontak terutama Handphone dan email, pihak maskapai dapat menginformasikan apabila ada perubahan penjadwalan penerbangan ataupun pembatalan penerbangan.

Selain itu, pihak maskapai juga dapat memberikan informasi berupa reminder (pengingat) kepada penumpang H-1 sebelum penerbangan (preflight checklist). Sehingga penumpang dapat mempersiapkan penerbangannya lebih dini.

     3. Subkelas Tiket

Apabila anda ingin membeli tiket pesawat, tidak ada salahnya menanyakan apakah tiket yang kita beli termasuk tiket promo atau full fare. Hal ini penting karena ketentuan terhadap subkelas tiket berbeda-beda. 
Ada tiket yang harganya murah, namun tidak dapat dilakukan perubahan jadwal. Sehingga apabila penumpang ingin melakukan perubahan jadwal, ia harus membeli tiket yang baru.
Adapula tiket yang bersifat fleksibel yang jadwalnya dapat diubah sesuai kebutuhan penumpang. Tiket ini cocok untuk penumpang dengan mobilitas pekerjaan yang tinggi. Harganya pun lebih mahal dibanding tiket biasanya.

Apabila suatu ketika penumpang terlambat melapor/ check-in, maka dengan tiket subkelas harga promo, tiket penumpang akan hangus. atau apabila dapat di refund, maka hanya dapat di refund sekian persen saja sesuai ketentuan maskapai. Jika penumpang membeli dengan harga subkelas tengah sampai dengan full fare, maka tiket penumpang masih dapat di reschedule dengan membayar biaya penalti kepada pihak maskapai. 

Dengan memahami poin-poin diatas, maka akan menguntungkan baik pihak maskapai maupun pihak penumpang. Dari sisi maskapai, akan semakin mudah dalam menjalankan operasional penerbangan dan meminimalisasi komplain penumpang. Dari sisi penumpang, akan semakin dimudahkan dalam menerima informasi dari pihak maskapai dan dapat mengambil langkah preventif apabila terjadi perubahan kondisi operasional maskapai.
Selamat terbang...


No comments:

Post a Comment