Saturday, January 13, 2018

Bagaimana Proses Bepergian Naik Pesawat dengan Kursi Roda




Untuk anda yang memiliki kerabat dalam kondisi menggunakan kursi roda, entah itu karena alasan tidak kuat jalan jauh, Karena kaki terkilir, Lansia, atau alasan lainnya, mungkin akan membutuhkan informasi mengenai cara naik pesawat dan bagaimana perlakuan petugas bandara terhadap kondisi tersebut terutama pada saat mendarat di bandara tujuan. Tidak sedikit penumpang yang bepergian dengan menggunakan kursi roda ditemani oleh pendampingnya. Tidak perlu khawatir mengenai perlakuan oleh petugas bandara karena tiap maskapai memiliki standard dalam penanganan penumpang dengan kursi roda.
Lantas, bagaimana penanganan maskapai dalam memberikan pelayanan kepada penumpang dengan kursi roda? Setidaknya, ada dua cara yang dilakukan maskapai untuk menghandle penumpang tersebut.

Cara Pertama, Ketika penumpang tiba di Bandara, maka penumpang akan dipinjamkan kursi roda oleh pihak Maskapai, kursi roda yang dimiliki penumpang dimasukkan sebagai bagasi tercatat bersamaan dengan koper, tas besar dan lain sebagainya. Petugas maskapai akan terus menemani penumpang mulai dari selesai melakukan check-in, hingga naik ke dalam pesawat. Untuk urutan boarding, penumpang dengan kursi roda akan di dahulukan agar ketika masuk kedalam pesawat dan akan duduk di kursi pesawat, petugas darat dan awak kabin dapat leluasa memindahkan penumpang dari kursi roda ke tempat duduk di pesawat. 

Cara Kedua, Saat penumpang sampai di Bandara, ia tidak perlu memasukkan kursi roda sebagai bagasi, namun tetap menggunakan kursi roda tersebut untuk beraktivitas hingga menuju ruang tunggu. Pihak maskapai juga tidak perlu meminjamkan kursi roda karena penumpang tetap menggunakan miliknya. Petugas Check-in hanya akan memberikan label bagasi sweeping pada kursi roda penumpang. Setibanya di ruang tunggu, pihak maskapai akan menemani penumpang tersebut dan ketika waktunya boarding, penumpang akan ditemani menuju pesawat dengan urutan prioritas. Ketika penumpang telah duduk dipesawat, maka kursi roda akan dimasukkan kedalam kompartemen pesawat dan penumpang dapat mengambilnya bersamaan dengan bagasi penumpang lainnya.

Pertanyaan berikutnya, Bagaimana bandara tujuan dapat mengetahui informasi bahwa akan ada penumpang yang membutuhkan kursi roda saat mendarat nanti? 
Ketika pesawat masih terbang dan telah memasuki area bandara tujuan, Pilot akan melakukan kontak dengan petugas darat maskapai melalui Komunikasi Radio. Informasi mengenai jumlah penumpang yang membutuhkan kursi roda akan disampaikan oleh Pilot dan pihak maskapai dapat mempersiapkan kursi roda yang dibutuhkan sehingga pada saat pesawat mendarat, kursi roda sudah siap di depan pintu pesawat untuk menyambut para penumpang tersebut. Dengan komunikasi yang dilakukan antara pilot dan petugas darat, pelayanan kepada penumpang dapat berjalan secara cepat, tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Jadi untuk anda yang akan bepergian naik pesawat dengan kursi roda, tidak perlu khawatir karena dua cara tersebut dapat memudahkan anda dalam menjalani aktivitas mulai dari check in, boarding, masuk pesawat, hingga mendarat kembali di tempat tujuan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. 

Selamat terbang...!

No comments:

Post a Comment