Saturday, January 27, 2018

Bolehkah Membawa Tongkat ke Pesawat untuk Penumpang Lansia?

Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas mengenai prosedur membawa senjata tajam ke pesawat. Pada artikel tersebut salah satu juga telah dijelaskan bahwa Stik Golf, dan Baseball stick dikategorikan sebagai security item (SECIT) dimana perlu perlakuan khusus dalam pengangkutannya sebagai bagasi.

Tidak lama kemudian ada yang mempertanyakan, apakah membawa tingkat untuk seorang lansia tidak diperbolehkan masuk kedalam kabin? Pertanyaan ini dipicu dari banyaknya orang tua atau lanjut usia yang harus bepergian untuk umroh. Tongkat menjadi alat bantu mereka selama perjalanan mengingat mereka tidak sanggup lagi berjalan. Selain kursi roda, tongkat merupakan alat yang bisa di andalkan mengingat ketika mereka harus ke kamar kecil, alat ini sangat membantu jika dibandingkan dengan kursi roda.

bolehkah membawa tongkat ke pesawat

Dalam penanganan alat bantu seperti tongkat untuk orang tua lanjut usia, maka perlu ditinjau dari 2 aspek.
Pertama, dari aspek keamanan penerbangan, tongkat dikategorikan termasuk kedalam SECIT, mengingat bentuknya yang dapat membahayakan keamanan penerbangan apabila disalahgunakan.
Namun apabila dilihat dari aspek yang kedua yaitu kenyamanan dan kemudahan penumpang, maka status tongkat dapat berubah dari SECIT, menjadi alat bantu penumpang, khususnya penumpang dengan usia lanjut. Tongkat seolah-lah telah menjadi bagian dari tubuh penumpang.

Dalam hal ini, apabila terdapat kasus dimana penumpang benar-benar membutuhkan alat bantu tersebut, maka pihak penumpang dapat berkoordinasi dengan pihak maskapai untuk meminta kebijakan pengecualian terhadap penumpag lansia. Pihak maskapai akan melakukan profiling dan berkoordinasi dengan aircrew apakah memungkinkan dalam penerbangan mereka untuk mengizinkan penumpang lansia membawa tongkat. Tentu akan banyak pertimbangan dari pihak maskapai seperti lamanya durasi penerbangan, type penerbangan (apakah penerbangan umroh, charter atau regular), serta pertimbangan-pertimbangan lainnya yang menyangkut kenyamanan, keamanan dan keselamatan seluruh penumpang.

Apabila pihak maskapai memperbolehkan tongkat tersebut masuk kedalam kabin pesawat, maka itu adalah sebuah keringanan bagi penumpang. Namun apabila pihak maskapai tidak mengizinkan, maka pihak penumpang tidak dapat menuntut lebih dan harus patuh terhadap kebijakan maskapai. Tongkat tersebut tetap dapat dibawa sebagai bagasi tercatat dengan prosedur SECIT.

Demikianlah penjelasan mengenai  boleh atau tidaknya tongkat masuk kedalam pesawat, semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang akan melakukan perjalanan.
Selamat terbang...!

No comments:

Post a Comment